Rabu, 04 Januari 2012

Tips agar Shalat menjadi Khusyu’




Khusyu’, ya itu lah yang sangat kita harapkan ketika kita melaksanakan kewajiban shalat , tetapi sering kali kita tidak bisa melakukannya terkadang karena masih terfikirkan oleh urusan dunia . Kali ini saya akan berbagi tips agar kita bisa khusyuk di dalam menjalankan shalat .

Berikut adalah beberapa tips agar shalat kita bisa khusyu’ :
Tidak mengakhirkan atau mengulur-ulur pelaksanaan shalat sehingga waktunya menjadi sempit.
Berpakaianlah dengan pakaian yang bersih, rapi, dan nyaman.
Tidak melakukan shalat dalam keadaan menahan buang air, dalam keadaan mengantuk berat, atau dalam keadaan menahan rasa lapar padahal makanan sudah siap.
Kondisikan dulu tempat shalat agar kondusif: tidak bising, bersih, dan sejuk.
Hendaknya tidak menaruh gambar di depan kita sewaktu kita shalat.
Lakukanlah gerakan-gerakan shalat dengan tenang dan tidak banyak melakukan gerakan-gerakan diluar gerakan shalat.
Ruku’ dan sujud dengan thuma’ninah, tidak tergesa-gesa.
Ucapkanlah doa dan bacaan-bacaan shalat secara perlahan, tidak tergesa-gesa.
Berusahalah memahami doa dan bacaan-bacaan shalat yang diucapkan.
Tidak melamun dan memikirkan urusan dunia selama kita shalat.
Melihat ke tempat sujud..

Nah, setelah kita berupaya khusyu dalam shalat kita, jangan lupa kita juga harus berusaha keras agar kekhusyuan itu nampak dalam kehidupan kita sehari-hari. Ini yang paling penting, sobat.

Menurut Aa Gym, setidaknya shalat khusyu itu tercermin pada waktu kita shalat dan sesudah kita shalat. Pertama, pada waktu kita shalat, apakah kita mampu berkomunikasi dengan Allah secara baik sehingga bisa berbuah pada ketentraman jiwa dan kebahagiaan hati?

Kedua, apakah setelah kita shalat, kekhusyuan itu nampak pada perilaku keseharian kita. Apakah ia berbekas dalam kepribadian, etos kerja dan prestasi hidup kita?

Kalau kedua-duanya jawabannya iya, berarti kita termasuk orang-orang yang khusyu. Mudah-mudahan saja ya sobat.

Kita tentu sungguh tidak ingin neraka wail yang diancamkan Allah bagi orang-orang yang shalat. Fa wailul lil mushalliin. Alladzina hum ‘an shalaatihim saahuun… dan kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, yaitu orang-orang yang lalai dalam shalatnya.
Semoga Bermanfaat
sumber : http://cintasegilima.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk meninggalkan komentar, di bagian "Beri komentar sebagai:" yg ada di bawah, pilih opsi "Name/URL", kemudian isi nama anda pada kolom "Nama" & isi alamat website/blog/link anda pada kolom "URL" (bila tidak ada bisa dikosongkan) lalu klik "Lanjutkan". Setelah itu tulis komentar anda, jika sudah klik "Poskan Komentar" (di pojok kiri bawah). Terakhir, masukan kode acak yg tertera di gambar, lalu klik "Poskan Komentar"