Senin, 26 Desember 2011

7 Cara Untuk Menjaga Ingatan Anda Tetap Tajam




Seiring bertambahnya usia seseorang, biasanya dibarengi pula dengan semakin berkurangnya daya ingat dan daya pikir seseorang. Namun ada beberapa tips yang bisa kita lakukan agar otak tetap cemerlang dan tajam meski usia bertambah.

1. Selalu berikan Stimulus untuk otak

Bermain jig-saw puzzle, Sudoku, Tekateki silang atau permainan yang merangsang otak, akan membuat otak anda selalu tajam. Semakin anda berlatih, semakin baik mental otak anda di usia tua.

2. Kurangi konsumsi suplemen

Suplemen telah mendapat rating yang buruk akhir-akhir ini, bahkan suplemen yang dipercaya sekalipun terkesan seperti hanya ‘membuang-buang’ uang saja –bahkan lebih buruk-. Suplemen yang diminum dan dipercaya meningkatan kapasitas otak seperti gingko dan melatonin mungkin termasuk multivitamin ‘sampah’ juga. Meskipun berasal dari bahan yang alami, multivitamin tersebut tidak lantas terbebas dari efek samping, seperti tekanan darah tinggi, masalah kesuburan dan depresi. Bahkan sebuah studi menyatakan gingko tidak berpengaruh apapun bagi konsumennya.

3. Perbanyak Konsumsi Ikan

Sejumlah studi membuktikan bahwa Ikan mengandung banyak asam lemak essensial seperti omega 3, yang terbukti manjur untuk meningkatkan kapasitas otak dan bermanfaat untuk mengobati melemahnya fungsi otak seperti depresi. Tentu saja, makan juga makan–makanan bergizi lainnya untuk mendapatkan hasil yang optimal.



4. Nikmati Kopi anda

Berkembang isu bahwa kopi dapat melindungi otak. Menurut studi yang dilakukan, terbukti bahwa meminum 2 – 3 cangkir kopi sehari dapat menurunkan gejala alzheimer 30 sampai 60 persen.

5. Tidurlah dengan nyenyak!

Ketika kita sedang tidur dan bermimpi, beberapa kenangan akan disimpan dan sebagian lainnya akan dibuang. Sebuah studi menemukan bahwa bila kita tidak tidur, protein akan berkembang pada synapsis yang membuat kita sulit untuk berpikir dan belajar hal baru.

6. Jaga kondisi tubuh anda

Sebagian penyakit yang bisa dicegah –seperti diabetes type II, obesitas, dan hypertensi- semua mempengaruhi otak Anda juga. Aturlah pola bekerja anda. Mengurangi rokok, alkohol, dan konsumsi lemak jenuh dapat mencegah kerusakan otak karena faktor umur.

7. Jangan lakukan diet ekstrim

Diet ekstrim dapat membuat otak lesu dan mengakibatkan kerusakan jangka panjang pada otak anda, terlalu sedikit kalori juga dapat merusak fungsi otak. Diet ekstrim mungkin dapat memberikan perasaan tenang –perasaan yang mendasari pencandu anorexia. (and/*)


sumber :  (jurnalberita.com) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk meninggalkan komentar, di bagian "Beri komentar sebagai:" yg ada di bawah, pilih opsi "Name/URL", kemudian isi nama anda pada kolom "Nama" & isi alamat website/blog/link anda pada kolom "URL" (bila tidak ada bisa dikosongkan) lalu klik "Lanjutkan". Setelah itu tulis komentar anda, jika sudah klik "Poskan Komentar" (di pojok kiri bawah). Terakhir, masukan kode acak yg tertera di gambar, lalu klik "Poskan Komentar"