Sabtu, 26 November 2011

RENUNGAN UNTUK PEMUDA Bag.1

Salah satu kisah yang diabadikan Allah didalam al-quran adalah kisah sekumpulan pemuda penghuni gua yang disebut ashabul kahfi. Kisah sekumpulan pemuda yang demi menjaga imannya mereka rela meninggalkan segala buaian dunia dan perhiasannya, mereka menyerahkan perlindungan kepada Alloh; perjuangan dan pengorbanan yang didorong keyakinan yang kuat terhadap Allah demi mencari dan mempertahankan kebenaran hakiki kebenaran Iman dan Islam.

Kisah Ashabul Kahfi menjadi pelajaran bagi kita agar dapat meneladani keteguhan iman. Mereka hidup dalam suasana masyarakat yang jauh dari kebenaran namun mereka tidak larut mengikuti aqidah sesat dan kebiasaan buruk masyarakatnya.
Wahai pemuda adakah kita memiliki sifat sebagaimana telah ditunjukkan oleh pemuda kahfi? Usia muda adalah usia yang disebut dalam al-quran dengan sebutan al-bulugh al asyudd yang dapat diartikan telah cukup umur dan sempurna akalnya.
Usia muda adalah usia yang seharusnya sangat produktif untuk menghasilkan karya-karya karena secara fisik dan akal telah berkembang sempurna, begitupun Rosululloh dan Nabi Musa diangkat menjadi nabi pada masa akhir mudanya dengan sebelumnya mengalami penggemblengan sejak awal masa mudanya.



Masa muda sangat potensial karena masih antusias, memiliki idealisme dan semangat besar untuk meraih kesuksesan. Fase ini memiliki urgensi dan resiko masing-masing. Ketika pemuda tumbuh dalam naungan al-quran dan iman maka hidupnya akan terarah sehingga akan sejahtera didunia dan akhirat (insya Alloh) apalagi kita teringat sabda Rosululloh dalam sebuah hadits bahwa :
7 golongan yang akan mendapat perlindungan dari Allah dihari dimana tidak ada perlindungan kecuali perlindungan-Nya yaitu pemimpin yang adil, seorang pemuda yang tumbuh dalam ketaatan kepada Allah …dst”.

Kita juga teringat pesan Rasulullah: pergunakan masa mudamu sebelum datang masa tuamu.
  Beruntunglah para pemuda yang dapat menjaga dan mempergunakan masa mudanya dalam ketaatan kepada Allah. Kita bisa berkiblat pada generasi yang oleh Alloh disebut dalam alquran surat Ali imran : 110 dengan sebutan khoiru ummah (umat terbaik):
kamu adalah ummat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, mengajak kebaikan dan mencegah keburukan serta beriman kepada Allah
Mereka adalah generasi para sahabat para generasi awal perjuangan dakwah rosul dimana sebagian besar mereka adalah generasi muda yang telah mengguncangkan dunia dengan kehadiran mereka maka dunia tercerahkan dengan cahaya kebaikan dan kebenaran, mengentaskan masyarakat dari kebodohan sebagai manusia menjadi manusia yang memiliki kedudukan yang mulia.

Kita harus berusaha meneladani mereka yang telah membawa kebaikan yang banyak bagi umat manusia didunia dan janganlah kita justru menjadi pemuda-pemuda yang bikin geger, bikin ulah dan keresahan bagi masyarakat dengan tingkah laku kita yang buruk, karena bila hal tersebut kita lakukan maka sebenarnya bukan hanya merugikan orang lain tetapi sebenarnya merugikan diri sendiri dimasa depan didunia lebih-lebih masa depan diakhirat. Janganlah kita menjadi generasi yang hanya larut dalam budaya glamour, dugem, dan tertipu oleh fatamorgana dunia.


Marilah kita tingkatkan kualitas diri kita karena masyarakat membutuhkan para pemuda yang berkualitas, para pemuda yang memiliki semangat baja, rela berkorban dan pemuda-pemuda pelopor kebaikan dalam rangka mencapai keadaan masyarakat dan bangsa yang lebih baik.

bersambung....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk meninggalkan komentar, di bagian "Beri komentar sebagai:" yg ada di bawah, pilih opsi "Name/URL", kemudian isi nama anda pada kolom "Nama" & isi alamat website/blog/link anda pada kolom "URL" (bila tidak ada bisa dikosongkan) lalu klik "Lanjutkan". Setelah itu tulis komentar anda, jika sudah klik "Poskan Komentar" (di pojok kiri bawah). Terakhir, masukan kode acak yg tertera di gambar, lalu klik "Poskan Komentar"