Sabtu, 23 Juli 2011

Buah Pohon Jarak Sumber Energi Alternatif Baru

GROBOGAN - Tanaman Jarak (Jatrova) kini digunakan sebagai salah satu sumber energi alternatif terbaru, yang dipakai untuk kompor keluaran Bosch and Siemens (BSH).

Seperti yang diungkapkan pihak BSH, tanaman jarak tumbuh hampir di seluruh wilayah di Indonesia, namun hanya beberapa wilayah saja yang membudidayakan tanaman ini.

"Untuk saat ini BSH menerapkan proyek Protos baru untuk wilayah sekitar Semarang dan Lombok saja," ujar Samuel Neal Shiroff, Project, BSH Protos Project Manager, Grobogan, Kamis (21/7/2011) kemarin.

Untuk proyek kompor Protos ini, BSH bekerjasama dengan Waterland International, sebuah perusahaan asal Belanda, selaku produsen bahan bakar minyak jarak. Sementara Waterland sendiri juga bekerjasama dengan Perum Perhutani selaku pihak penyedia lahan.

"Para petani menanam jarak di lahan Perum Perhutani, yang disewa oleh Waterland International," William L Nolten, CEO Waterland International.
 
Ketika okezone menyambangi perkebunan Jarak di kabupaten Grobogan, terlihat kalau tanaman tersebut ditanam di antara tanaman lain yang berbeda jenis dan ukuran.

Terlihat kalau tanaman Jarak ditanam di antara tanaman singkong, jagung dan lain-lain. "Hal ini dilakukan demi mencegah erosi terjadi," jelas Prof.Dr Friedhelm Goltenboth dari NatureLife International, selaku peneliti tanaman Jarak.

Goltenboth menjelaskan bahwa tumbuh-tumbuhan besar di antara tanaman jarak akan ditebang apabila dirasa sudah terlalu tinggi. "Ini dikarenakan Jarak membutuhkan sinar matahari yang cukup," jelasnya.

Selain itu, Goltenboth juga menerangkan bahwa tanaman Jarak produksi setiap 8 bulan sekali dan hanya berbuah pada musim hujan saja.

"Tanaman Jarak setelah berumur 3 tahun, dapat terus berproduksi hingga 30 tahun ke depan," ujar Goltenboth, seraya menambahkan bahwa tanaman Jarak tidak membutuhkan perawatan khusus.

Bagian tanaman Jarak yang dijadikan sebagai bahan bakar adalah bijinya. Waterland International adalah pihak yang melakukan proses pengolahannya, serta distributor untuk wilayah Semarang dan sekitarnya.
sumber WWW.Okezone.com

8 komentar:

  1. info nya menarik untuk dibaca
    dan bermanfaat
    terimakasih udah share info nya
    gan

    BalasHapus
  2. mantap gan info nya
    yang sangat bermanfaat
    saya senang berkunjung ke blog anda

    BalasHapus
  3. sangat menarik gan info nya
    dan bermnfaat,update terus gan info yang lain nya
    terima kasih banyak,sukses terus

    BalasHapus
  4. ijin nyimak infonya gan
    sangat menarik dan bermanfaat
    terima kasih banyak,sukses terus

    BalasHapus
  5. terimakasih atas info nya sangat bermnanfaat
    dan menambah wawasan

    BalasHapus
  6. terimakasih atas infonya
    di tunggu info lainnya
    sukses terus

    BalasHapus

Untuk meninggalkan komentar, di bagian "Beri komentar sebagai:" yg ada di bawah, pilih opsi "Name/URL", kemudian isi nama anda pada kolom "Nama" & isi alamat website/blog/link anda pada kolom "URL" (bila tidak ada bisa dikosongkan) lalu klik "Lanjutkan". Setelah itu tulis komentar anda, jika sudah klik "Poskan Komentar" (di pojok kiri bawah). Terakhir, masukan kode acak yg tertera di gambar, lalu klik "Poskan Komentar"