Jumat, 22 April 2011

Alquran dan Misteri UFO

JAKARTA - Kemunculan fenomena aneh seperti piring terbang atau benda tak dikenal yang populer disebut UFO atau Unidentified Flying Objects memang sangat menghebohkan umat manusia di banyak negara.

lustrasi (Foto: Koran Sindo)
Minggu 23 Januari 2011, giliran warga Sleman, Yogyakarta, dihebohkan dengan adanya pola-pola lingkaran teratur di sawah. Sebenarnya, pola seperti itu sudah banyak dijumpai di luar negeri, terutama di Inggris, yang dikenal sebagai crop circle, lingkaran di lahan pertanian.

Ada yang memercayainya sebagai bukti kehadiran UFO, namun sebagian lagi justru meragukannya. Crop circle hanyalah karjaan orang kreatif. Dari sudut pandang sains telah banyak mengupas hal ini. Lalu bagaimana pandangan ulama mengenai fenomena UFO dan alien yang sepanjang zaman selalu menghebokan itu.

Berikut ini wawancara singkat okezone dengan Ketua MUI Bidang Fatwa Ma`ruf Amin via telepon, Selasa (25/1/2011).

Pandangan ulama soal UFO atau alien?
"Kalau soal UFO atau alien, kami tak paham. Dalam ajaran Islam memang ada informasi soal kehidupan di luar manusia. Tapi apakah itu UFO atau alien, saya tidak tahu.

Alquran sebut ada mahluk lain selain manusia?
Memang ada mahluk di luar manusia, di luar bumi atau bisa disebut di langit. Soal mahluk ini jelas disebutkan dalam Alquran.

Termasuk golongan apa mahluk ini?
Mahluk lain itu bisa dimaknai sebagai malaikat, jin, atau lainnya. Tapi kalau UFO, saya tak paham itu. Saya tidak tahu soal itu.

Apakah manusia dapat berinteraksi dengan mahluk itu atau sebaliknya?
Tidak ada kehidupan manusia selain di bumi jika melihat keterangan dari Alquran. Meski berlainan alam, manusia dan mahluk lain itu seperti jin bisa terjalin komunikasi. Ada orang-orang tertentu yang berkomunikasi bahkan meminta bantuan kepada jin, tapi ini dilarang agama. Dalam Alquran Surat Al-Baqarah disebutkan "Allah Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: “Jadilah!” Lalu jadilah ia". Kemudian Surat Asy-Syuura, "Di antara (ayat-ayat) tanda-tanda-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan makhluk-makhluk yang melata Yang Dia sebarkan pada keduanya. Dan Dia Maha Kuasa mengumpulkan semuanya apabila dikehendaki-Nya". Kedua ayat suci dalam Al Quran ini menegaskan bahwa langit dan bumi adalah ciptaan Allah dan dikeduanya, baik di langit dan bumi oleh Allah juga diciptakan makhluk-makhluk melata (makhluk yang berjalan di permukaan tanah) dan menghuni baik di langit (bintang/planet lain) maupun di bumi.

Bagaimana menyikapi fenomena alien atau UFO?
"Umat diharapakan tidak terprovokasi dengan hal-hal itu, sehingga akidahnya jadi kacau. Umat harus memelihara keyakinannya. Soal mahluk di luar manusia itu memang ada dan harus diyakini karena dalam Alquran juga disebutkan.

Apa yang dilakukan kalangan ulama dan tokoh agama?
Ulama harus terus-menerus menyadarkan umat agar tidak tergelincir dari keyakinan keliru. Yang penting akidah harus dijaga. Kalaupun ada makluk lain, semua itu adalah mahluknya Allah. Semua diciptakan Allah. Sebab itu, harus kembali kepada Sang Pencipta. Jangan terbawa provokasi.

Soal pemberitaan media massa?
Kami meminta media massa jangan terlalu membesar-besarkan dan mengeksploitasi berita mengenai mahluk asing ini. Coba berikan informasi yang mendidik. Jangan menyampaikan hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan agama.(ram)
(ahm)


Sumber: http://news.okezone.com/read/2011/01/25/62/417552/alquran-dan-misteri-ufo

1 komentar:

  1. Assalamu'alaikum

    sebenernya kalo cuman "Unidentified" tidak hanya yang Flying saja, masih banyak kok di alam semesta ini yg masih Unidentified.

    Wa'alaikumsalam

    BalasHapus

Untuk meninggalkan komentar, di bagian "Beri komentar sebagai:" yg ada di bawah, pilih opsi "Name/URL", kemudian isi nama anda pada kolom "Nama" & isi alamat website/blog/link anda pada kolom "URL" (bila tidak ada bisa dikosongkan) lalu klik "Lanjutkan". Setelah itu tulis komentar anda, jika sudah klik "Poskan Komentar" (di pojok kiri bawah). Terakhir, masukan kode acak yg tertera di gambar, lalu klik "Poskan Komentar"